Selasa, 20 November 2018

tarafo dan generator


SOAL SOAL TRANSFORMATOR (TRAFO):
1.    Untuk menyalakan lampu 10 volt dengan tegangan listrik dari PLN 220 volt digunakan transformator step down. Jika jumlah lilitan primer transformator 1.100 lilitan, berapakah jumlah lilitan pada kumparan sekundernya ?
2.    Sebuah transformator step down mempunyai jumlah lilitan primer 1000 dan lilitan sekunder 200, digunakan untuk menyalakan lampu 12 V, 48 W. Tentukan:
  
a. arus listrik sekunder                             
  b.
arus listrik primer.

3.  Daya listrik 2 MW ditransmisikan sampai jarak tertentu melalui kabel berhambatan 0,01 ohm. Hitung daya listrik yang hilang oleh transmisi tersebut, jika:
        a. menggunakan tegangan 200 Volt,
        b. menggunakan tegangan 400 kiloVolt ?

  1. Sebuah transformator mempunyai efisiensi 80%. Jika lilitan primer dihubungkan dengan tegangan 200 V dan mengalir kuat arus listrik 5 A, Tentukan:
      a. daya primer,
      b. daya sekunder

  1. Sebuah trafo arus mempunyai rasio 100:5 yang dihubungkan dengan amperemeter pada range 5 A . jika pembacaan alat ukur 3,5 A , hitunglah arus yang mengalir pada saluran?

SOAL SOAL GENERATOR:
  1. Sebut dan jelaskankan bagian-bagian utama dari generator arus bolak-balik tiga fasa!
Jawab:
a.  Bagian-bagian generator  & Konstruksi generator arus bolak-balik
1.      Rotor, adalah bagian yang berputar yang mempunyai bagian terdiri dari   poros, inti, kumparan, cincin geser, dan sikat-sikat. Rotor, yakni bagian bergerak yang menghasilkan medan magnit yang menginduksikan ke stator.

2.      Stator, adalah bagian yang tak berputar (diam) yang mempunyai bagian terdiri dari rangka stator yang merupakan salah satu bagian utama dari generator yang terbuat dari besi tuang dan ini merupakan rumah dari semua bagian-bagian generator, kutub utama beserta belitannya, kutub-kutub pembantu beserta belitannya, bantalan-bantalan poros. Stator, yakni bagian diam yang mengeluarkan tegangan bolak balik


Gambar Skema lilitan stator generator 3fasa
Prinsip kerja generator arus bolak-balik tiga fasa (alternator) pada dasarnya sama dengan generator arus bolak-balik satu fasa, akan tetapi pada generator tiga fasa memiliki tiga lilitan yang sama dan tiga tegangan outputnya berbeda fasa 1200 pada masing2 fasa


  1. Terangkan prinsip dasar kerja generator arus bolak-balik!
Jawab:
Prinsip Kerja Generator
Prinsip dasar generator arus bolak-balik menggunakan hukum Faraday yang menyatakan jika sebatang penghantar berada pada medan magnet yang berubah-ubah, maka pada penghantar tersebut akan terbentuk gaya gerak listrik.

Besar tegangan generator bergantung pada :
1. Kecepatan putaran (N)
2. Jumlah kawat pada kumparan yang memotong fluk (Z)
3. Banyaknya fluk magnet yang dibangkitkan oleh medan magnet (f)
3. Konstruksi Generator

         Generator arus bolak-balik berfungsi mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik arus bolak-balik. Generator Arus Bolak-balik sering disebut juga Alternator, generator AC (alternating current), atau generator sinkron.

         Generator yang umumnya digunakan dalam pusat listrik adalah generator sinkron tiga fasa. Tegangan generator maksimum saat ini adalah 23 kV


         Gb.3.1a  sebuah konduktor bergerak melalui medan magnet.
         Gb.3.1b sebuah kumparan berputar dalam medan magnet.
- 1 kumparan : teg ac 1fasa
- 3 kumparan : teg ac 3fasa berbeda fasa 120o



  1. Generator dengan f = 50 Hz, dan mempunyai jumlah pasang kutub (P=4), Tentukan besarnya putaran mesin!

Jawab:


  1. Apakah fungsi exciter pada generator AC

Jawab:

Sistem Penguat (Exciter)
·      Saat generator dihubungkan dengan beban akan menyebabkan tegangan keluaran generator akan turun, karena medan magnet yang dihasilkan dari arus penguat relatif konstan.

·      Agar tegangan generator konstan, maka harus ada peningkatan arus penguatan sebanding dengan kenaikan beban.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar