Dampak dari pemanasan global dengan meningkatnya suhu udara khususnya di wilayah kota-kota besar tidak bisa di pungkiri lagi menjadi salah satu faktor penyebab ketidaknyamanan khususnya ketika kita sedang berada di dalam mobil. memasang Ac adalah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut, walaupun mayoritas untuk mobil-mobil keluaran terbaru sudah di lengkapi dengan Ac, namun ada beberapa jenis mobil yang dari pabrikan memang belum di lengkapi dengan fitur car air conditioner
CARA KERJA AC MOBIL
Cara kerja ac mobil dibagi menjadi tiga kondisi yaitu :
- Pada saat ac mati
- Pada saat ac mobil baru dihidupkan dan
- Pada saat ac mobil sudah lama hidup dan ruangan suhunya sudah rendah
1. Saat ac mobil mati
Pada saat ini semua gas freon yang ada dalam sistem ac ( lihat skema : pada jalur A_B_C_D_E ) mempunyai suhu dan tekanan yang sama yaitu tekanan berada dikisaran 120 - 150 psi
2. Saat ac mobil baru
dinyalakan
gas freon dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua system
dan dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator menjadi uap dingin yang
kemudian ditiup oleh udara blower ke seluruh kabin .pada tahap ini beban
pendinginan pada ruangan masih besar maka lubang pada expansivalve ( D
)membesar dan pengabutannya pun lebih banyak sehingga pendinginan ruangan
akan lebih cepat tercapai .lihat pic dibawah ini
3. Pada saat ac sudah lama nyala dan ruangan suhunya sudah rendah
gas freon dipompa kompresor untuk dialirkan kesemua system dan dikabutkan oleh expansi valve ke evaporator menjadi uap dingin yang kemudian ditiup oleh udara blower ke seluruh kabin .pada tahap ini beban pendinginan pada ruangan sudah tercapai maka lubang pada expansivalve ( D ) mengecil dan pengabutannya pun lebih sedikit .saat kedinginan sudah mencapai derajat tertentu kompresor akan berhenti bekerja dan kemuadian akan nyala kembali untuk memulai proses pendinginan biasanya setelan otomatis kompresor pada suhu 0 - 5 derajat C = ( 0 komp mati ,5 komp nyala )
KONDISI FREON DALAM KOMPONEN AC MOBIL
- Kompesor > masuk : berupa gas yang suhu dan tekananya rendah >> keluar : berupa gas yang suhu dan tekananya tinggi
- Kondensor > masuk : berupa gas yang suhu dan tekananya tinggi >> keluar : berupa cairan tak sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi
- Receiver drier > masuk :berupa cairan tak sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi >> keluar :berupa cairan sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi
- Expansion valve > masuk : berupa cairan sempurna yang suhu dan tekanannya tinggi >> keluar :berupa kabut yang disemprotkan dimana suhu dan tekanannya rendah
- Evaporator > masuk :berupa
kabut yang menguap dimana suhu dan tekanannya rendah >> keluar : berupa gas yang suhu dan tekanannya rendah
KOMPONEN KOMPONEN AC MOBIL TERBAGI MENJADI 2 BAGIAN YAITU
- KOMPONEN MEKANIKAL
- KOMPONEN ELEKRIKAL
KOMPONEN KOMPONEN AC MOBIL TERBAGI MENJADI 2 BAGIAN YAITU
Komponen mekanikal ac mobil terdiri dari :
- Kompresor / A
- Kondensor / B
- Filter Drier / C
- HPS { high pressure switch} / dipasang dipipa antara c dan d
- Expansion valve / D
- Evaporator / E
- Selang dan pipa
Semua komponen diatas dihubungkan dengan selang selang dan pipa yaitu
- Selang ukuran 5/8 '' menghubungkan antara evaporator E dan kompresor A.
- Selang ukuran 1/2 '' menghubungkan antara kompresor A dan kondensor B
- Selang ukuran 3/8 '' menghubungkan antara kondensor B dan filter drier C
- Selang ukuran 3/8 '' menghubungkan antara filter drier C dan evaporator E
2. KOMPONEN ELEKTRIKAL
- Magnetic clucth
- Motor fan dan relay
- Molor blower
- wenstand
- switch indax atau saklar speed angin
- Termostat /termistor
- Amplifier ac
NAMA - FUNGSI KOMPONEN MEKANIKAL AC MOBIL
1. KOMPRESOR
Fungsi kompresor : menghisap gas refrigerant dari evaporator yang bertekanan dan bertemperatur rendah kemudian memampatkan gas tersebut menjadi cairan yang bertekanan dan bertemperatur yang tinggi, dlm proses ini hanya diperbolehkan dlm bentuk gas...
2. KONDENSOR
Fungsi kondensor :
Membuang suhu panas hasil dari pemampatan gas refrigerant yang menjadi tinggi suhu dan tekanannya dari kompresor sehingga merubah refrigerant dari gas menjadi cair fungsinya untuk menurunkan temperatur refrigrant menjadi lebih rendah dr sebelum masuk k kondensor (dlm ilmu teknik disebut subcooled) yg secara otomatis fasanya pun ikut berubah dr gas menjadi cair. proses ini dibantu oleh fan
3. FILTER DRIER
macam macam dan jenis filter drier
sering orang menyebut botol / drier yang terkadang orang mengira tabung ini tempatnya freon ( dan ini salah kaprah) filter drier adalah tabung untuk menampung sementara freon cair sebelum disalurkan ke evaporator ,dan kenapa disebut filter drier ,dikarenakan part ini didalamnya terdapat dua bagian yaitu filter kasa dan silika gel ( penyerap air) dan juga mempunyai fungsi ganda yaitu pertama untuk menyaring kotoran dan partikel halus dalam system dan juga berfungsi untuk menyerap kandungan uap air yang ada dalam freon
4.HPS - LPS / HIGH-LOW PRESSURE SWICTH
fungsi : HPS ; high presssure swicth / mengamankan komponen komponen ac mobil pada saat tekanan ac melampaui batas maximal ( diatas 450 psi ) dengan cara menghentikan aliran setrum yang ke kompresor sehingga kompresor berhenti bekerja .tekanan terlalu tinggi biasanya diakibatkan oleh
- fan motor ac mati
- freon kepenuhan
- ada komponen yang mampet
LPS :LOW PRESSUER SWIT / mengamankan dan mencegah rusaknya kompresor saat freon kosong ,pada saat terjadi kebocoran maka tekanan freon akan menurun dan pada tekanan dibawah 25 psi maka lps akan memutuskan aliran setrum ke kompresor , fungsi lps dan hps terdapat dalam satu komponen spare part bernama pressure swicth
5. EKSPANSI VALVE
fungsi expansi valve
mengabutkan freon ke dalam evaporator sehingga mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi kisi evaporator yang nantinya akan ditiup angin blower ke alam kabin ,juga berfungsi untuk mengatur banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam evap sesuai dengan yang dibutuhkan ( hal ini tergantung dari beban pendinginan dalam kabin dan ini diatur oleh capilary tube dibagian ekspansi) fungsinya untuk menurunkan tekanan refrigrant pd system. dlm prosses ini fasa liquid akan mengalami sedikit perubahan menjadi gas, namun hanya sedikit
6. EVAPORATOR
Fungsi evaporator
Merupakan hasil akhir dari
semua proses kerja semua komponen ac mobil ,ditempat ini lah dingin dihasilkan
dan diserap oleh kisi kisi evaporator yang kemudian di tiup oleh udara motor
blower ke seluruh ruangan kabin . untuk evaporator genuine denso mempunyai tiga
macam dan tipe evap yaitu =
- tipe plate fin - untuk evap universal ( lihat pic )
- tipe corrugate fin - evap sirip lebar
- tipe drop cup - evap sirip rapet
Untuk tipe drop cup /sirip rapet mempunyai banyak keunggulan yaitu
- kontruksi lebih kuat dan kokoh
- penyerapan dingin lebih merata sehingga pasti dingin nya lebih nggigit
- aliran freon bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri kekanan mangikuti alur pipa capiler evap
- untuk mobil mobil keluaran terbaru diatas th 2000 sudah memakai tipe ini
kekurangannya yaitu :
- harga lebih mahal
- bila bocor susah dilas
fungsinya merubah refrigrant dr fasa liquid menjadi gas (wajib berubah sempurna) dgn disertai perubahan temperatur dr super dingin menjadi dingin. itupun dibantu oleh blower
7.SELANG SELANG DAN PIPA PIPA
Adalah penghubung dan penghantar tekanan freon keseluruh bagian komponen ac mobil ,selang dibuat dari bahan karet syntetis yang dirancang tahan terhadap tekanan /suhu tinggi dan tahan terhadap kandungan kimia dari refrigerant dan pipa ac terbuat dari bahan : aluminium atau tembaga atau juga ada yang terbuat dari besi
NAMA DAN FUNGSI KOMPONEN ELEKTRIKAL
- Magnetic clucth
- Motor fan dan relay
- Molor blower
- wenstand
- switch indax atau saklar speed angin
- Termostat /termistor
- Aplifier AC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar