Minggu, 05 Februari 2023

KELISTRIKAN PADA PESAWAT TERBANG

Setiap pesawat terbang yang bergerak di udara akan mengalami gesekan dengan udara, debu, air hujan atau salju, akibatnya pada badan pesawat (fuselage) dan bagian-bagian lain seperti sayap (wing) ; ekor (emperage) akan terkumpul muatan elektrostatika.

Potensial pada bagian-bagian besarnya bisa tidak sama jika masing-masing bagian terisolasi akan terjadi loncatan listrik yang dikenal dengan istilah spark (bunga api) dan sering mengakibatkan gangguan komunikasi (radio interference) atau noise.

Untuk menanggulangi spark komponen-komponen pesawat diberi bonding, yaitu memberi metal atau kawat bertahanan rendah antara bagian-bagian pesawat.

 Bagian-bagian yang perlu diberi bonding :

o   Ailerons

o   Flaps, dengan bagian badan dan sayap

o   Rudder

 Alat-alat elektronika

o   Kabel yang dialiri arus AC, dapat menimbulkan / terjadi muatan elektrostatik. Supaya tidak mengganggu perlu diberi shielding.

Pada pesawat jet pembuangan gas panas dengan kecepatan tinggi menimbulkan elektrostatika pada ”tailpipe”.

Untuk menetralkan muatan-muatan elektrostatika pada pesawat dinetralkan ke udara dengan cara disambung ke bagian runcing. Pembuangan muatan dengan cara ini disebut

corona discharge” dan keluar dengan frekuensi tinggi dapat dilihat diwaktu malam dengan warna kemerahan. Corona discharge dapat mengakibatkan gangguan radio (komunikasi). Penanggulangannya dibagian yang runcing dipasang static discharge wick”, yaitu menyalurkan elektrostatik melalui wool bercampur metal. Static discharge wick dipasang pada :

 

o   Wing tip kiri ; kanan

o   Aileron paling luar

o   Vertikal stabilizer

o   Ujung elevator control surface

 

Pada pesawat modern (jenis jet), static discharge yang dipakai Nul Field Discharge”.

 

Elektrostatik bisa juga timbul pada waktu mengisi bahan bakar (refueling). Bahan bakar yang mengalir melalui pipa (hose) ke pesawat terbang akan mengakibatkan timbulnya muatan-muatan listrik yang akan berkumpul di bagian ujung pipa ”nozzle”. Bila diantara badan pesawat dan pipa terjadi beda potensial dapat mengakibatkan spark, hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kebakaran karena spark dan dapat membakar uap bahan bakar 

Penanggulangan dari spark :

o   Badan pesawat

o   Tangki bahan bakar

Bagian-bagian tersebut disambungkan ke tanah

 

SUMBER-SUMBER TENAGA LISTRIK DI PESAWAT

 

Battery (di Pesawat)                                                 untuk keadaan darurat.

GPU (Ground Power Unit)                                         - Kondisi di darat

-    Untuk Start (menghidupkan mesin bagi pesawat yang startnya menggunakan motor listrik

-    Pengetesan lampu penerangan

-    Perawatan system yang dilakukan di darat.

APU (Auxilliary Power Unit)                     Tenaga listrik bantu yang letaknnya dipesawat

 Jenis GPU, ada dua :

1.    DC, dari battery atau mesin DC

2.    AC, dari Gen Set

 Berikut Seri dua buah Battery GPU untuk pesawat kecil

 

 

Rangkaian Dasar GPU

 


 

Sistem Listrik Arus Bolak Balik

Sumber AC yang digunakan bisa 1 fasa atau 3 fasa dengan tegangan 115 volt dengan frekuensi 400 Hz.

Pin pluk yang digunakan seperti pada gambar di bawah ini :

 

 

 

 

  SISTEM GPU dengan Multi Busbur

 

Rangkaian Tiga Pin Pluk dalam Pesawat Terbang

   

Jika soket dihubungkan yang akan terhubung 2 soket yang lebih panjang pada saat itu GPU belum tersambung ke Busbar karena walaupun dua pin telah terhubung tetapi Ground Power Relay belum menutup, jika soket dimasukkan terus maka pin yang pendek berhubungan dan arus mengalir menuju sakelar (power switch selector) yang sebelumnya telah diarahkan ke posisi EXT dan menuju ke ground atau negative maka relay akan menutup dan sumber arus besar mengalir dari sumber arus darat ke busbar utama tanpa terjadi percikan bunga api pada soket dan pin karena pada saat arus mengalir soket telah terhubung dengan baik.

Apa yang terjadi pada proses pelepasan socket ?

Sumber Tenaga Bantu Listrik Terbang (APU)

Pesawat – pesawat yang besar kebutuhan sumber tenaga bantu, tidak diambilkan dari luar atau dari darat melainkan dari dalam pesawat terbang sendiri. Tenaga bantu tersebut merupakan satu unit yang terdiri dari mesin penggerak (motor piston atau motor turbin gas), generator dan biasanya dilengkapi dengan kompresor untuk keperluan sistem pendingin dan pengaturan tekanan udara di dalam kabin pesawat terbang. Sumber tenaga bantu terbang atau auxiliary power unit disingkat APU terletak di bagian belakang/ekor dari pesawat tersebut

 

Skema diatas menunjukkan tempat dari APU. Beberapa pesawat yang besar menggunakan APU sebagai tenaga cadangan bila generator utama mengalami kerusakan, jadi APU merupakan sumber tenaga yang harus dapat melayani di darat dan selama penerbangan bila dalam keadaan darurat

Konstruksi Auxiliary Power Unit (APU) dan bagian- bagiannya :

 

Selain menghasilkan tenaga listrik APU juga dilengkapi dengan kompresor yang menghasilkan udara bertekanan tinggi, yang digunakan untuk start mesin pesawat. Karena itu pda mesin pesawat yang besar biasanya untuk start tidak menggunakan motor listrik melainkan memakai mesin turbin tersendiri yang diputar oleh udara yang bertekanan, yang berasal dari kompresor yang berada di APU.

 

Selamat belajar semoga jadi yang terbaik 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar