Selasa, 14 Januari 2014

KONVERSI REFRIGERANT FREON KE MUSICOOL REFRIGERANT

SOLUSI HEMAT LISTRIK DAN RAMAH LINGKUNGAN PADA UNIT MESIN AC

( 100% DIJAMIN !! GRATIS APABILA PENURUNAN LISTRIK KURANG DARI 10% )


Hemat Listrik Dan Ramah Lingkungan Dengan MusicoolDalam rangka membantu memberikan solusi efisiensi pemakaian daya listrik yang sekaligus berakibat pada penghematan Biaya Listrik, d engan ini kami menawarkan Solusi Penghematan Listrik dan Ramah Lingkungan pada Mesin Air Conditioning, melalui konversi Re frigeran Sintetis Freon R-22 dengan Refrigeran Musicool MC-22 produk Pertamina, yang hemat listrik dan sangat ramah lingkungan. Dan kami menjamin 100% akan adanya penurunan daya listrik setelah menggunakan Musicool Refrigerant. 
Solusi Penghematan Listrik ini kami tawarkan untuk membantu menurunkan Biaya Operasional Perusahaan, khususnya   Biaya Listrik dan sekaligus pula sejalan dengan Program Penghematan Energi yang dicanangkan  Pemerintah. 
 IS0-14001 Dengan Musicool 
Disamping penghematan listrik, konversi Freon ke Musicool juga dapat mendukung Program Ramah Lingkungan ISO 14001, karena refrigeran Musicool adalah refrigeran alami yang sangat ramah lingkungan, yaitu tidak merusak Lapisan Ozon dan bukan Gas Rumah Kaca, sehingga tidak ikut meningkatkan pemanasan global. 

Customer MusicoolProgram ini telah dimanfaatkan oleh banyak pihak/perusahaan/industri seperti, Rumah Sakit, gedung-gedung bertingkat, perhotelan dan Industri, dimana Unit Mesin AC nya, baik AC Split maupun AC Chiller/Sentral yang digunakan perusahaan tersebut, yang semula menggunakan bahan pendingin sintetis freon diganti dengan bahan pendingin alami Musicool.  

 

BAHAN PENDINGIN/REFRIGERANT ALAMIAH MUSICOOL 

Refrigerant Musicool adalah bahan pendingin alamiah jenis hidrokarbon yang ramah lingkungan yang merupakan alternatif pengganti Freon dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan pendingin Freon yang digantikannya.

Kelebihan Musicool jika dibandingkan dengan bahan pendingin Freon, antara lain :
  1. Menghemat pemakaian listrik/bahan bakar hingga 30%.
  2. Tidak perlu penggantian/penambahan komponen pada Mesin AC
  3. Memberikan efek pendinginan lebih baik.
  4. Meringankan kerja kompresor, sehingga umur pemakaian kompresor AC menjadi lebih panjang.
  5. Tidak memerlukan penggantian/penambahan komponen.
  6. Tidak merusak Mesin AC.
  7. Ramah lingkungan, karena tidak merusak lapisan Ozon dan tidak menimbulkan Effek Rumah Kaca/Pemanasan Global.
    Kelebihan-kelebihan dari Refrigerant Musicool tersebut disebabkan oleh sifat Fisika dan Thermodinamikanya yang lebih baik jika dibandingkan dengan Freon.

    Namun secara umum dapat dikemukakan, bahwa Recovery/Konversi Freon dengan Musicool dapat menurunkan pemakaian tenaga listrik yang cukup signifikan, sehingga dapat memberikan keuntungan finansial yang tidak sedikit bagi pemilik Mesin AC, berupa :

    1. Penurunan biaya listrik, sehingga biaya konversi yang dikeluarkan akan kembali dalam waktu yang relative singkat dari dana penghematan Biaya Listrik yang diperoleh setiap bulan, sehingga Perusahaan praktis tidak mengeluarkan anggaran biaya tambahan ( Return of Investment berkisar antara 2 bulan s/d 8 bulan, tergantung dari durasi pemakaian setiap unit AC-nya )
    2. Mengurangi Maintenance Cost
    3. Memperpanjang Replacement Cost, dll.


    Indikator Sukses Konversi:

    • Konversi (Pemakaian) Listrik Turun antara 10 % s/d 30 %
    • Efek Refrigerasi sama, bahkan lebih baik; Temperatur Udara Keluaran pada Indoor/Evap. antara minimal 1 °C
    • Hardwares Unit AC tidak mengalami masalah (kerusakan) baik pada saat pekerjaan Konversi atau sesudahnya
    • Proses pekerjaan Konversi aman (tidak mengalami masalah, baik terhadap Hardwares maupun Pelaksana Konversi

    Syarat Sukses Konversi:
    • Kualitas Refrigeran baik
    • Teknisi Pelaksana memenuhi syarat trampil :
              1. Memahami karakteristik Misiccol
              2. Memahami perbedaan Refrigeran Sintetis Freon dengan Musicool
              3. Mengetahui perbedaan Konstruksi kemasan (tabung) dan akibatnya pada Sistim Prosedur Charging
              4. Cukup teratih melakukan Konversi atau Charging Musicool
              5. Memiliki pengalaman (jam terbang) bekerja dengan Musicool yang cukup
    • Proses pekerjaan Konversi & Charging Musicool mengikuti Standard Operating Procedures (SOP) dan Standard Nasional Indonesia (SNI)
    • Bekerja cermat, teliti, & hati-hati
    AUDIT ENERGI LISTRIK DARI PEMAKAIAN AC
    Audit Energi ListrikApabila diperlukan, setelah dilakukan recovery & konversi Freon dengan Musicool secara menyeluruh, maka dapat dilakukan audit energi, berupa perhitungan perkiraan penghematan tenaga dan biaya listrik yang akan diperoleh setiap bulan melalui Mesin AC berdasarkan pada hasil penghematan listrik yang diperoleh setelah dilakukan recovery & konversi, sesuai Berita Acara yang dibuat untuk masing-masing Mesin AC dengan memperhitungkan durasi pemakaian masing-masing Mesin AC tersebut dan dengan asumsi: bahwa tidak terdapat penambahan peralatan yang menggunakan listrik serta durasi pemakaian sama dengan sebelum konversi.

    PROSES RETROFIT, RECOVERY DAN KONVERSI FREON DENGAN MUSICOOL

    Sebelum dilakukan recovery/konversi refrigerant pada suatu Mesin AC, terlebih dahulu dilakukan pengamatan serta pengecekan yang cermat terhadap berbagai aspek dari Mesin AC tersebut, antara lain :
    Jenis, merk dan type Mesin AC
    Hasil dari pengamatan/pengecekan tersebut akan menghasilkan kesimpulan, apakah Mesin AC tersebut dalam kondisi baik dan secara teknis dapat dilakukan recovery dan konversi refrigerant atau tidak.
    Keselamatan, keamanan dan keuntungan dari Pemilik Unit AC setelah recovery/konversi merupakan prioritas dan pertimbangan utama dari keputusan recovery/konversi refrigerant.

    PELAKSANAAN RETROFIT, RECOVERY DAN KONVERSI REFRIGERANT

    Jenis Pekerjaan :
    Pengecekan performance Mesin AC sebelum recovery (ketika masih menggunakan Freon), meliputi: Arus/daya listrik,tekanan dan temperatur pada evaporator (effek pendinginan).

      SERVICE DAN PEMELIHARAAN

      Servis dan Pemeliharaan yang menyangkut penambahan refrigeran (bahan pendingin) Musicool setelah recovery/konversi harus dilakukan oleh Teknisi yang telah mendapat pelatihan dan familiar dalam menggunakan Refrigerant jenis alamiah tersebut, kecuali untuk pekerjaan servis cuci dapat dilakukan oleh Teknisi lain.

      Tidak dianjurkan dan bahkan harus dihindarkan pekerjaan Servis dan Pemeliharaan dilakukan oleh Teknisi lain yang belum mengenal dan belum terbiasa dengan refrigerant hidrokarbon.

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar