Kamis, 01 Oktober 2015

Gardu Distribusi

1.1 Definisi Gardu Distribusi
Gardu distribusi merupakan salah satu komponen dari suatu system distribusi yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan ke konsumen atau untuk membagikan / mendistribusikan tenaga listrik pada beban/konsumen baik konsumen tegangan menengah maupun konsumen tegangan rendah.
Transformator distribusi digunakan untuk menurunkan tegangan listrik dari jaringan distribusi tegangan tinggi menjadi tegangan terpakai pada jaringan distribusi tegangan rendah (step down transformator); misalkan tegangan 20 KV menjadi tegangan 380 volt atau 220 volt. Sedang transformator yang digunakan untuk menaikan tegangan listrik (step up transformator), hanya digunakan pada pusat pembangkit tenaga listrik agar tegangan yang didistribusikan pada suatu jaringan panjang (long line) tidak mengalami penurunan tegangan (voltage drop) yang berarti; yaitu tidak melebihi ketentuan voltage drop yang diperkenankan 5% dari tegangan semula.
Jenis transformator yang digunakan adalah transformator satu phasa dan transformator tiga phase. Adakalanya untuk melayani beban tiga phase dipakai tiga buah transformator satu phase dengan hubungan bintang (star conection) Ү atau hubungan delta (delta conection) Δ.
Sebagian besar pada jaringan distribusi tegangan tinggi (primer sekarang ini dipakai transformator tiga phase untuk jenis out door. Yaitu jenis transformator yang diletakkan diatas tiang dengan ukuran lebih kecil dibandingkan dengan jenis in door, yaitu jenis yang diletakkan didalam rumah gardu. Fungsi Gardu Distribusi Adalah Sebagai Berikut :
1.       Menyalurkan/ meneruskan tenaga listrik tegangan menengah ke konsumen tegangan rendah.
2.      Menurunkan tegangan menengah menjadi tegangan rendah selanjutnya disalurkan kekonsumen tegangan rendah.
3.      Menyalurkan/ meneruskan tenaga listrik tegangan menengah ke gardu distribusi lainnya dan ke gardu hubung.

1.2  Macam-Macam Gardu Distribusi
Gardu distribusi dapat dibedakan dari beberapa hal yang diantaranya :
          a. Gardu Tembok (Gardu Beton)
Gardu tembok adalah gardu trafo /hubung yang secara keseluruhan konstruksinya tersebut dari tembok/beton. Gardu Beton/ Tembok Sesuai dengan namanya maka gardu ini terbuat dari beton. Type dari bagunan ini bermacam-macam sesuai dengan lokasi dan kebutuhan Kapasitas transformator yang dipasang pada gardu ini dapat lebih besar dibandingkan dengan gardu-gardu sebelumnnya yang sudah dijelaskan. Jumlah Trafo yang dapat ditampung dalam gardu ini dapat lebih dari 1 buah, dimana hal ini bargantungdari kebutuhan dan lokasi yang ada.
          b. Gardu Kios (Gardu Besi)
Gardu kios adalah gardu yang bangunan keseluruhannya terbuat dari plat besi dengan konstruksi seperti kios. Gardu Distribusi yang pembangunannya bisanya bersifat untuk sementara saja selama ada rehabilitasi gardu. Bangunannya terdiri dari rangka besi dan dindingnya dari Seng serta lantainya biasanya terbuat dari kayu atau beton.
Ruangan pada gardu ini terdiri dari 3 bagian,yaitu :
– Ruangan Tegangan Menengah
– Ruang Trafo
– Ruang Tegangan Rendah
         c. Gardu Portal
Gardu portal adalah gardu trafo yang secara keseluruhan instalasinya dipasang pada 2 buah tiang atau lebih.
         d. Gardu Kontrol/ Cantol
Gardu kontrol adalah gardu trafo yang secara keseluruhan instalasinya dipasang pada satu tiang.

1.3 Transformator Distribusi
Transformator distribusi digunakan untuk membagi/menyalurkan arus atau energi listrik dengan tegangan distribusi supaya jumlah energi yang tercecer dan hilang pada saluran tidak terlalu banyak. Untuk mengurangi panas akibat pembebanan pada transformator, maka diperlukan pendinginan. Menurut jenis pendinginannya, transformator distribusi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
1. Transformator konvensional
2. Transformator lengkap dengan pengaman sendiri
3. Transformator lengkap dengan pengaman pada sisi sekunder
Transformator konvensional, peralatan sistem pengamanannya terdapat diluar transformator, sedangkan transformator dengan pengaman sendiri terdapat di dalam transformator itu sehingga dikenal juga dengan Transformator Berpengaman Sendiri (BPS). Untuk maksud penyesuaian dengan tegangan beban, pada belitan sisi tegangan tinggi sering diberi sadapan (tapping), sehingga dapat dipilih sampai 5% diatas atau 10% dibawah tegangan nominalnya.
1.4  Perlengkapan Penghubung dan Pemisah
         Perlengkapan Hubung Bagi (PHB) dan Kendali ialah suatuperlengkapan atau peralatan listrik yang berfungsi sebagai pengendali,pengubung dan pelindung serta membagi tenaga listrik dari sumber tenagalistrik seperti; pembangkit, gardu induk, gardu distribusi dan transformator kesaluran pelayanan atau ke pelanggan. Jika komponen-komponen dari PHB terlihat dari luar tanpa perlindungan selungkup tertutup maka PHB itu dari jenis terbuka. Pembuatan lain adalah PHB tertutup. Menurut ukuran danbentuknya PHB disebut elmari, kotak atau meja hubung bagi.

1.5   Fungsi PHB-TR 
Fungsi atau kegunaan PHB TR adalah sebagai penghubung dan pembagi atau pendistribusian tenaga listrik dari output trafo sisi teganganrendah TR ke Rel pembagi dan diteruskan ke Jaringan Tegangan Rendah(JTR) melalui kabel jurusan (Opstyg Cable) yang diamankan oleh NH Fuse jurusan masing-masing.Untuk kepentingan efisiensi dan penekanan susut jaringan (loses) saat ini banyak unit PLN yang mengambil kebijaksanaan untuk melepasatau tidak memfungsikan rangkaian pengukuran maupun rangkaiankontrolnya, hal ini dimaksudkan agar tidak banyak energi listrik yang mengalir ke alat ukur maupun kontrol terbuang untuk keperluan kontrol danpengukuran secara terus menerus, sedangkan untuk mengetahui besarnyabeban maupun tegangan, dilakukan pengukuran pada saat di perlukan sajadan bisa menggunakan peralatan ukur portable seperti AVO atau TangAmpere saja.

1.6 Konstruksi PHB TR
Menurut Konstruksinya PHB TR dibagi menjadi 2 (dua) macam konstruksi yaitu :
1. Konstruksi PHB TR 2 Jurusan
2. Konstruksi PHB TR 4 Jurusan.
Pengoperasian PHB – TR
Untuk mengoperasikan PHB TR baru harus mengikuti prosedur yangsudah ditetapkan oleh manajemen dalam hal ini adalah unit operasiJaringan Tegangan Rendah (JTR) dalam bentuk Standing OperationProcedure (SOP).Adapun pembuatan SOP bisa mengambil contoh dari beberapa referensiantara lain:
–          Data Spesifikasi peralatan PHB TR
–          Operation Guidance
–          Kondisi Jaringan
–          Pengalaman (Experience)

–          Dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar