Jumat, 20 Desember 2013

LCD

LCD menjadi Display Device yang refresentatif dari Notebook pada tahun 1990 an, ketika LCD TFT diproduksi secara masal. Hari ini LCD digunakan secara luas sebagai monitor computer, TV Digital, Peralatan yang mobile dan lainnya sebagai pengganti CRT.
LCD kepanjangan dari Liquit Crystal Display, ditemukan oleh orang Austria bernama Friederich Reinitzer pada tahun 1888. Setiap hari kita selalu memakai peralatan-peralatan yang mengunakan LCD seperti : jam, CD player, calculator, microwave,AC dan lainya termasuk TV dan monitor.
LCD memberikan keuntungan yang besar sebagai alat tampilan dari pada CDT, karena bentuknya yang tipis, ringan, gambar lebih bagus dan mempunyai konsumsi listrik yang sedikit.
LG Electronics mulai mengembangkan teknologi LCD untuk monitor sebagai alternatif pilihan konsumen yang menggunakan monitor sebagai display Computer.


 Keuntungan-keuntungan yang diperoleh mengapa kita mengembangkan teknologi LCD khususnya monitor adalah :
Space Saving
LCD monitor memberikan keuntungan menghemat tempat artinya tempat yang disediakan untuk LCD tidak terlalu luas atau tidak memakan tempat, karena bentuknya yang tipis dan ringan.
Light Weight
Selain itu LCD monitor juga mempunyai berat yang sangat ringan, karena tidak memerlukan kaca seperti yang digunakan oleh CDT sehingga bisa dibawa kemana saja ringan
Distortion free
LCD monitor juga mempunyai kelebihan pada gambarnya yaitu tidak terdapat adanya distorsi. Artinya garis pattern pada LCD monitor benar-benar lurus tidak bengkok seperti pada monitor CDT
Low Radiation
LCD monitor mempunyai tingkat radiasi yang rendah apalagi dibandingkan dengan monitor CDT, karena cara kerja dari LCD berbeda dengan CDT yang melakukan penembakan sinar elektron ( sehingga menghasilkan radiasi )

Power Saving
Daya listrik yang dibutuhkan LCD monitor lebih kecil dari pada monitor CDT, sehingga lebih hemat listrik
Model L1530SM = 28 Watt
Model 500 EJ = 75 Watt
Various Application
LCD monitor tidak hanya bisa digunakan untuk tampilan computer, tetapi juga bisa untuk Televisi
Prestige and luxury image
Dengan menggunakan LCD monitor maka seakan-akan terlihat atau terkesan lebih mewah atau gengsinya lebih tinggi dari pada menggunakan monitor LCD.
Pengenalan dasar bagian-bagian LCD



Bagian-bagian LCD tersebut diasembly satu-persatu sesuai dengan elemen kerja untuk tiap-tiap model



3.1.4.2. Blok Diagram LCD


Prinsip penyalaan Liquit Crystal Display dengan prinsip Thin Film Transistor ( TFT )
Thin Film Transistor ( TFT ) digambarkan sebagai suatu swich yang bertujuan untuk menghidupkan atau mematikan setiap pixel pada layar LCD, sehingga memerlukan active element yang menyusun sebuah matrix pada tampilan layar LCD yang terdiri dari transistor kecil
TFT berperan dalam memancarkan dan mengendalikan sinyal listrik, yang menentukan jumlah tegangan yang ditetapkan pada liquit crystal. Kemudian liquit crystal ini akan mengendalikan pencaran cahaya ( back light ) dengan menggunakan struktur molekul moleculer ) yang berada menurut tegangannya. Dengan cara ini warna dan gambar ditampilkan melewati color filter.





Warna-warna yang dihasilkan pada LCD merupakan kombinasi subpixel yang terdiri dari tiga warna RGB, tiap subpixel dapat berkisar lebih dari 256 shades atau memungkinkan lebih dari 15,8 juta warna
Kemudian berkembang lagi menjadi bentuk yang lebih komplek, seperti passive matrix dan active matrix. Pada LCD monitor mempunyai tiga subpixel yaitu berwarna Merah, Hijau dan Biru ( RGB ) seperti pada gambar diatas dengan perhitungan sebagai berikut :
- Resolusi mempunyai rumus : ( m x n ) resolusi
- Jadi jumlah active natrix : ( 3 m x n ) atau dapat diketahui
banyaknya transistor aktiv
- Sebagai contoh : Bila resolusi 600 x 800, maka ada 600 x 3 x 800
= 1.400.000 matrix


Fitur Produk LCD
Fitur produk LCD yang dikembangkan oleh PT. LGEIN adalah :

Ø HDMI ( High Definition Multimedia Interface )
HDMI adalah interface standar industri pertama mentransfer data audio & video digital tanpa ada sedikitpun pengkompresian.

HDMI memiliki keuntungan berikut:
§ 100 % Digital : tanpa ada kompresi & konversi.
Kualitas gambar dan suara lebih tajam & jelas tanpa ada data yang hilang.
§ Rendah biaya dan mudah. Karena hanya mengunakan 1 kabel untuk mentransfer data audio maupun video, sehingga pelanggan tidak perlu kawatir kesulitan memasang kabelnya.
§ Intelligence: HDMI mensupport komunikasi 2 arah antara video source (seperti DVD player) dan DTV, konfigurasinya dapat secara otomatis dan one-button play.
Ø HD ready
adalah label dari EICTA* sebagai satu simbol bahwa display equipment, dapat mengolah dan menampilkan gambar High-definition signal.
Persyaratan untuk HD ready adalah:
Min. native resolution harus 720 physical lines dalam wide aspect ratio. Display harus mempunyai semua HD inputs seperti : YPbPr1, DVI atau HDMI. Input HD harus dapat menampilkan resolusi 1280x720 @50/60Hz (720p), dan 1920x1080 @50/60Hz interlaced (1080i).Input DVI dan HDMI harus didukung oleh proteksi HDCP.



Ø SRS
Untuk menghasilkan Surround yang optimum dari hasil reposisi speaker yang letaknya kurang stategis seperti pada big screen TV and automobile.
Teknologi pengolahan sinyal untuk menperkuat suara bass. Tanpa Tru Bass low frequencies akan terdenger kecil untuk menhindari kerusakan pada speaker kecil dan terjadinya distorsi.
Meningkatkan performa dynamic audio yang sudah dikompres, menghasilkan suara base 3D yang lebih mantap. Seperti yang diilustrasikan pada gambar 3.2b.
Gambar 3.2 Ilustrasi suara base yang baik dan yang kurang baik

TruSurround XT keluaran terbaru dari TruSurround Technologies yang dapat menghasilkan saura Surround 5.1 multi-channel melalui 2 speaker atau headphone. TruSurround XT adalah kombinasi dari Surround Focus, TruBass dan Wow.

Ø DCDi (Directional Correlation De-interlacing)

DCDi adalah sirkuit pengolahan high-quality yang dapat menghasilkan kualitas gambar terbaik untuk berbagai format gambar seperti DVD, HD Broadcasting dan yang lainya. Gambar akan terlihat lebih jelas dan bersih sekalipun untuk program yang menampilkan gambar bergerak seperti acara sport.

Ø HDCP (High Bandwidth Digital Protection)

HDCP adalah sistem pengamanan yang dikembangkan oleh Intel Corporation to memproteksi isi dari digital entertainment yang berasal dari interface DVI/HDMI. HDCP Spesifikasi menyediakan suatu metoda sempurna, transparan dan hemat biaya untuk memancarkan dan menerima isi pertunjukan digital yang berisi DVI/HDMI-COMPLIANT display digital


Ø DVI (Digital Visual Interface)

Interface yang digunakan untuk gambar digital tanpa ada konversi, gambar akan kebih jelas dan tanpa ada degradasi. Produk yang sudah menggunakan DVI ditandai dengan logo .

Ø BBE (Base Booster Effect)

Mengkoreksi distorsi & signal delay phase sebelum masuk ke speaker, sehingga kualitas suara bass yang dihasilkan lebih kuat terutama saat menonton film atau musik.


3.1.1.1 Keuntungan LCD/LCDTV

LCD/LCDTV memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan Monitor Tabung atau TV Tabung. Keuntungan tersebut adalah :
Ø Size dan Weight
LCD sangat tipis dibandingkan dengan monitor tabung dengan ukuran yang sama, sehingga dapat menghemat tempat dalam penempatan oleh user.

Ø Kualitas gambarSetiap inchi dari panel LCD terdiri dari banyak pixel yang dapat menampilkan gambar dengan resolusi tinggi. Masing pixel dipancarkan sinar oleh transistor yang menghasilkan gambar yang sangat detil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar