Belajar merupakan sikap menerima, sedangkan berdoa merupakan permohonan. Agar yang diterima sesuai dengan permohonan maka diperlukan berdoa.
Jumat, 20 Desember 2013
Tipe Belajar
Pendidikan formal yang berlangsung di sekolah merupakan bagian dari
pendidikan seumur hidup yang ditempuh seseorang. Sebagian besar sifat,
sikap diri dan tingkah laku siswa terbentuk melalui belajar, baik secara
formal atau informal. Sebab itu dikatakan bahwa belajar itu merupakan
proses yang terus menerus sepanjang hayat seperti yang telah di sabdakan
Nabi Muhammad SAW karena banyak ilmu pengetahuan yang dipelajari secara
formal atu informal.Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan
peserta didik dalam belajar ;a.Faktor endogen ; pengaruh yang datangnya
dari dalam diri seseorang, seperti ;minat belajar, kesehatan, perhatian,
ketenangan jiwa di waktu belajar, motivasi,kegairahan diri, cita-cita,
kebugaran jasmani, kepekaan alat-alat indra dalambelajar.b.Faktor
eksogen ; pengaruh yang datangnya dari luar atau lingkungan, seperti
;lingkungan belajar, cuaca, letak sekolah, interaksi sosial dengan teman
sebangku,interaksi peserta didik dengan pendidiknya, alat belajar yang
digunakan guru dalamproses belajar mengajar serta buku-buku yang
dipakai.Tipe belajar peserta didik ;1.Visual ; peserta didik
mengandalkan aktivitas belajarnya kepada materi yangdilihatnya.
Pemilihan media pendidikan yang tepat akan sangat membantu pesertadidik
dalam menyerap materi pendidikan yang disajikan.2.Auditif ; peserta
didik mengandalkan kesuksesan belajarnya kepada alatpendengarannya yaitu
telinga. Ucapan guru yang jelas dan terang dengan intonasiyang tepat
akan segera diserap oleh peserta didik dan materi tersebut akan
menjadihal yang mudah diresap.3.Taktil ; peserta didik mengandalkan
penyerapan materi pelajaran melalui alatperaba yaitu tangan dan kulit
atau bagian luar tubuh. Praktik lebih di utamakandalam penyampaian
materi pelajaran.4.Olfaktoris ; peserta didik mudah mengikuti pelajaran
dengan menggunakan alat indrapenciuman. Peserta didik akan sangat cepat
menyesuaikan diri dengan suasana baulingkungan. Lebih tepat di gunakan
dalam pembelajaran di laboratorium yangmenggunakan materi
bau-bauan.5.Gustative ; peserta didik mengandalkan kecapan lidah, mereka
akan lebih cepatmemahami apa yang dipelajari melalui indera kecapnya
melalui berbagai rasa.6.Kombinatif ; peserta didik mengandalkan
kefungsionalannya alat inderanya adalahyang terbanyak di dalam kelas,
maksudnya seorang anak didik dapat dan mampumengikuti pelajaran dengan
menggunakan lebih dari satu alat inderanya.Dari keenam tipe di atas
adapula tipe peserta didik yang senang belajar mandiri Dan belajar
berkelompok.Diagnosis Belajar dan PerbaikanDiagnosis berasal dari bahasa
Yunani “Gignoskein” yang berarti mengetahui, dalam bidang kedokteran
diagnosis berarti kajian mengenai gejala-gejala penyakit, penentuan
jenis penyakit dengan meneliti gejala-gejalanya atau juga berarti proses
pemeriksaan terhadap hal yang tidak beres. Kaitannya dengan dunia
pendidikan, guru juga memeriksa dan meneliti keadaan peserta didiknya
berdasarkan gejala yang ditampilkan oleh peserta didiknya melalui
tingkah laku belajar. Dari hasil pemeriksaan guru akan ditemukan gejala
belajar yang kurang baik dan memerlukan perbaikan, agar hasil belajarnya
memberi makna bagi peserta didiknya yang bersangkutan.Perbaikan belajar
merupakan upaya yang dilakukan guru terhadap peserta didik yang
bersangkutan, agar belajar cara yang tidak baik itu dapat diperbaiki
atau di usahakan untuk berubah menjadi belajar yang lebih baik.Peran
diagnosis dan perbaikan belajar yang dilakukan guru ;1.Membantu peserta
didik untuk dapat mengembangkan dirinya sesuai dengan kemampuannya,
tujuannya memacu peserta didik yang lemah dalam cara belajarnyauntuk
lebih giat.2.Guru lebih mengenal peserta didiknya lebih dekat dan
menyadarkan guru akan tugasdan tanggungjawabnya sebagai pendidik
sehingga dapat mengenal berbagai tipebelajar peserta
didiknya.3.Timbulnya kepuasan batin terhadap hasil usaha bersama peserta
didiknya, manakalahperbaikan belajar yang dilakukan memberikan
hasil.Prinsip diagnosis dan perbaikan belajar ;1.Belajar adalah kegiatan
yang kompleks, karena melibatkan berbagai faktor dalamdiri, maupun
faktor diluar diri seperti motif, baik motif intrinsik maupunekstrinsik,
suasana hati (mood), emosi dan sebagainya, yang memerlukan
analisissehingga remedial atau perbaikan yang dilkukan tepat
guna.2.Hasil belajar yang ditampilkan juga dipengaruhi oleh berbagai
faktor sebagaimanahalnya dengan kegiatan belajar itu sendiri.3.Berbagai
kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dapat tampil dalam
berbagaibentuk,4.Dilakukan sesegera mungkin manakalah guru menemukan
gejala ke arah tersebut.5.Kepercayaan dan keyakinan serta simpati guru
merupakan titik tolak bagidilakukannya kegiatan diagnosis dan remedial
belajar.6.Diagnosis yang dilakukan secara akurat dan tepat dapat
menghasilkan perbaikanbelajar yang dilkukan guru.7.Perbaikan belajar
yang dilakukan bersifat individual, karena tipe belajar danperbedaan
individual yang berbeda baik secara psikologis, maupun
sosiologis,kadangkala faktor religius ikut memegang peranan dalam
perbaikan yang dilakukan.Gejala yang dapat di amati untuk melakukan
kegiatan diagnosis ;1.Rendahnya kemampuan intelektual atau
kecerdasan2.Lemahnya motif yang dimiliki dan tidak jelasnya cita-cita
hidup yang hendak dicapai3.Adanya berbagai gangguan (interference) baik
datang dari dalam diri maupun dariluar diri.4.Kematangan diri belum
ada5.Faktor Usia berkaitan dengan hukum pertumbuhan dan
perkembangan6.Latar belakang sosial kultural yang kurang
mendukung7.Kebiasaan belajar yang buruk8.Daya ingatan kurang kuat dan
pengamatan ketika belajar kurang memfungsionalkanberbagai alat indera
yang dibutuhkan untuk mengikuti proses belajar yang dialami9.Kurang
berfungsi alat indera, karena gangguan kesehatan10.Proses belajar
mengajar yang diikuti tidak sesuai dengan citra mereka11.Lemahnya
motivasi yang diperolehnya dari lingkungan baik dari guru, maupun
keduaorang tua yang bersangkutan12.Faktor gizi yang
rendahLangkah-langkah diagnosis ;1.Melakukan identifikasi adanya
kesulitan belajar2.Menemukan peserta didik yang bermasalah3.Menelusuri
faktor penyebab kesulitan belajar yang bersangkutan, baik secaralangsung
maupun tidak langsung4.Menentukan metode perbaikan belajar dan tes
diagnostik yang cocok untuk langsungmaupun tidak langsung.Metode
Remedial yang dapat dilakukan seorang guru ;1.Memperbaiki metode
mengajar2.Melakukan introspeksi terhadap kinerja yang telah
dilakukan3.Menyusun program perbaikan belajar4.Melakukan konsultasi
dengan rekan guru lainnya5.Menyediakan waktu yang memadai6.Melakukan
dialog langsung dengan peserta didik yang bersangkutan7.Mungkin
diperlukan jasa baik guru lainnya, guru agama atau dokter keluarga.MAKNA
untuk tetap BELAJAR MENURUT PARA PEMERHATI DAN AHLI :ANDERAS HAREFA
:Pengertian pendidikan, pengajaran dan pelatihan,menurut beliau meliputi
:a. Nilai pragmatis, diperuntukan mempertahankan kehidupan
sehari-harib. Nilai personal, untuk bertumbuh manjadi dewasa,
berinisiatif, kreatif, bertanggungjawab, dan untuk mandiric. Nilai
sosial emosional, untuk menjadi berdaya dan saling memerdekakan.d. Nilai
moral-spiritual,untuk mengalami pertobatan dan pencerahan budi dan
jiwaserta rohaniSIR WILLIAM HALAY :Pendidikan akan menjadi jauh lebih
efektif jika tujuannya adalah memastikan bahwa saat mereka meninggalkan
sekolah, anak-anak lelaki dan perempuan mengetahui betapa banyaknya yang
belum mereka ketahui, dan dapat mempertahankan seluruh kehidupan
berikutnya penuh gairah untuk mencari tahu hal-hal ituALLAN
BLOOMPendidikan dewasa ini haruslah merupakan upaya untuk mencari tahu
apa yang ada dalam diri murud-murid yang perlu aktualisasikan keluar,
dan untuk mengaktualisasikan potensinya itu.PAUL E. GAYHasil pendidikan
yang paling penting adalah menolong pelajar menjadi terbebaskan dari
pendidikan formal.JOHN G. HIBBENPendidikan adalah kemampuan untuk
menghadapi situasi kehidupan nyata.EDWARD EVERETTPendidikan adalah
penjaga keselamatan yang lebih baik bagi kebebasan daripada sebuah
angkatan bersenjataALEC BOURNEAdalah muingkin memasukan sejuta fakta
kedalam otak, tetapi tetap menjadi tidak terdidik sama sekaliDUKE of
WELLINGTON ARTHUR WELLESLEYDidiklah orang tanpa agama dan anda akan
menjadikannya penjahat cerdasGEORGE ELLIOTMereka yang mempercayai kita,
mendidik kitaRALP WALDO EMERSONRahasia dalam pendidikan terletak pada
sikap menghargai murid.MARIA MONTESSORIPertanda terbesar dari
keberhasilan seorang pengajar..... adalah untuk dapat berkata " Anak,
anak sekarang belajar seperti ketika saya tidak pernah ada."ELBERT
HUBBARDTujuan mengajar seorang anak adalah memampukan dia untuk
melanjutkan kehidupannya tanpa seorang pengajar.GALILEOAnda tidak dapat
mengajar apapun pada seorang; anda hanya dapat menolong orang lain
mnemukan sesuatu di dalam dirinya masing-masing.LEE IACOCCADalam sebuah
masyarakat yang rasional, orang-orang terbaik dari kita haruslah para
pengajar dan sisanya mengerjakan hal-hal lain.CICERIOApakah pekerjaan
yang lebih mulia, atau yang lebih bernilai bagi negara, daripada mereka
yang mengajar generasi yang sedang bertumbuh.WILLIAM A.WARDPengajar
biasa memberitahu.Pengajar yang baik menjelaskan.Pengajar yang lebih
baik mendemonstrasikan.Pengajar terbaik memberikan inspirasiBOB
TALBERTMengajar anak-anak berhitung itu baik, namun mengajar mereka
memahami apa yang seharusnya diperhitungka adalah yang terbaik.WALLECE
STEGNERSeorang pengajar memperluas sudut pandang dari apa yang menjadi
subyek ( mata pelajaran ) yang mereka ajarkanCARL ROWANPerpustakaaan
adalah kuil tempat belajar, dan belajar telah membebskan lebih banyak
orang daripada semua peperangan dalam sejarah.JOHN W. GARDNERSalah satu
alasan orang berhenti belajar adalah mereka menjadi makin tidak mau
menghadapi resiko kegagalan.TED W ENGSTROMKita harus mengharapkan
kegagalan .... tetapi gagal dalam sebuah proses belajar bukan untuk
mengulangi kesalahan-kesalahan, melainkan untuk mengoptimalisasi manfaat
dari apa yang dipelajari dalam proses tersebut.DORIS LESSINGInilah
belajar itu : Anda tiba-tiba mengenti sesuatu yang telah anda ketahui
sepanjang hidup anda tetapi dengan pemahaman yang berbeda.JAMES
BALDWINHampir mustahil..... untuk menjadi orang terdidik di sebuah
negara yang tidak mempercayai kemerdekaan berpikir.NICHOLAS
NEGROPONTESekolah akan berubah menjadi museum, dan teman bermain anak
berubah menjadi tempet bertukar gagasan dan sosialisasi anak-anak dari
berbagai negara.Belajar artinya berubah, tinggal bagaimana sang pengajar
( inner & outner ) membidikan arah perubahan itu. Sikap, perilaku
dan etika adalah produk belajar. Pengajar yang profesional harus
menguasai kompetensi global yang manusiawi dan agamis,agar hasilnya
menjadi generasi yang unggul akhkaq dan budi pekertinya.Semoga
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar