Jumat, 20 Desember 2013

Pengertian SIM

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Oleh : KOKO
Objective : Mempelajari mulai dari konsep dasar sampai pada penerapan SIM, sesuai dengan tingkat organisasi dan perangkat2 pendukungnya.
Peranan komputer sebagai sistem informasi organisasi
Pengantar Sistem informasi berbasis komputer
Dari judulnya sudah dapat diperkirakan bahwa bab ini akan menjelaskan tentang apa itu sistem informasi berbasis komputer. Tapi akan banyak muncul pertanyaan di sini, diantaranya adalah :
§ Apa yang dimaksud dengan informasi ?
§ Sistem ?
§ Lalu sistem informasi ?
§ Apakah sistem informasi hanya bisa dilakukan dengan berbasiskan komputer ?
§ Dikatakan bahwa pentransformasian teknologi konvensional ke teknologi komputer akan memerlukan energi yang sangat besar. Dan prosesnya pun bertahap. Oleh karena itu kita harus pandai memanage mana yang pertama kali atau paling urgent untuk dirubah. Ingat nggak dengan pertanyaan pak iik , “kapankah waktu yang paling baik untuk membeli komputer ?”
§ Sebuah sistem itu terdiri dari komponen-komponen, lalu komponen apa saja yang ada pada sistem informasi berbasis komputer, Atau mungkin benar komponennya tetap seperti itu, hanya saja telah mengalami ekspansi. Contohnya dalam brainware, tentunya tidak seperti dulu lagi, yang relatif hanya terdiri dari EDP saja. Sekarang telah banyak muncul profesi atau bidang pekerjaan yang sebelumnya belum ada.




Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Competitve Advantage.
Apa yang saya ketahui tentang keuntungan yang bisa diambil dgn Teknologi Informasi ?
Untuk menjawabnya tentu harus dijelaskan dahulu apa yang dimaksud dengan teknologi informasi. Ada yang mengatakan bahwa teknologi informasi hanyalah teknologi dalam pengolahan data, tapi ada juga yang mengatakan bahwa teknologi informasi tersebut dimulai dari data mentah sampai penyajian data tersebut, artinya teknologi informasi juga mencakup teknologi komunikasi., dikatakan bahwa teknologi informasi merupakan gabungan antara dua yaitu teknologi komunikasi dan teknologi komputer. Mungkin kita telah memaklumi bahwa telah terjadi konvergensi dalam berbagai bidang ini, sehingga wajar bila orang sering kali memberikan definisi yang saling berpotongan dengan bidang lain.
Tentu tidak dapat dipungkiri lagi akan pentingnya nilai informasi saat ini. Seberapa pentingnya informasi tentu berkaitan dengan bidang yang saat ini anda geluti.

Definisi sebuah sistem informasi manajemen, secara umum yang dikenal orang adalah sebuah sistem manusia / mesin yang terpadu, untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen da pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

Ciri-ciri SIM diantaranya :

- rangkaian dari beberapa sub sistem
- menyeluruh, terpadu, dan rasional
- sebagai transformasi data menjadi informasi
- produtif sesuai denga gaya manajemennya



SISTEM menurut :LUGWIG 1997, adalah seperangkat unsur yangsaling berhubungan dan saling mempengaruhi dalam satulingkungan tertentu.
A. REPOPORT, 1997, adalah sekumpulan elemen yang saling berhubungan utuk mencapai suatu tujuan
L. ACKOF 1997, adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yangterdiri dari bagian-bagian yang saling mempengaruhi.
GORDON B. DAVIS, 1995, adalah mrupakan bagian-bagian yang beroperasi secara bersama-sama untuk mencapai beberapa tujuan.
RAYMON Mc LEOD, 2001, yaitu sekelompok elemen yang terintegrasi untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut WILIAM A. SHORDER dalambukunya organization and management menyebutkan bahwa ada 6 ciri dari sebuah sistem yaitu :
Berperilaku berdasarka tujuan tertentu
Menyeluruh
Terbuka
Terjadinya transformasi
Terjadi korelasi
Memiliki mekanisme kontrol, artinya terdapat kekuatan yang mempersatukan dan mempertahankan sistem yang bersangkutan




Sifat SIM adalah sebagai berikut :
a. Menyeluruh
Artinya meliputi informasi yang formal maupun non formal, manual maupun berbasis komputer, yang terpenting adalah manajer yang berpikir serta menyebarluaskan informasi dengan elemen dari dan untuk institusi

b. Terkoordinasi
Artinya dikelola dari satu titik pusat organisasi, antar departemen pemroses data utuk menjamin bahwa data yang diproses, otomatisasi perkantoran maupun data intelejen serta komponen lainnya dikembangkan dan dioperasikan dengan cara terencana dan terkoordinasi.

c. Memiliki sub sistem informasi
Arinya merupakan bagian dari keseluruhan dan merupakan sistem yang terpadu guna menunjang tercapainya sasaran sistem informasi manajemen dan organisasi.

d. Terintegrasi secara secara rasional
Artinya untuk membuat pemrosesan informasi menjadi efisien dengan cara mengurangi pemrosesan antar intermadiate processing agar memberikan informasi yang lebih lengkap, singkat, dan relevan. Untuk menumbuhkan manajemen yang efektif.

e. Transformasi data ke dalam informasi
Artinya data ditransformasikan kedalam informasi ditentukan oleh sifat personil organisasi, tujuan dari sifat informasi serta harapan dari pihak eksternal.

f. Meningkatkan produktivitas
Artinya harus mampu melaksanakan tugas rutin seperti penyapan dokumen dengan efisien, layanan yang terbaik bagi organisasi eksternal maupun individu serta mampu memberikan peringatan dini tentang masalah internal dan ancaman eksternal, mempercepat proses manajemen agar mampu meningkatkan kemampuan manajer.

g. Sesuai dengan sifat dan gaya manajer.
Artinya, sifat dan gaya kepemimpinan dari seorang manajer akan mempengaruhi kebijakan dan jalannya suatu organisasi. Dalam pengembangan dari sistem informasi manajemen hendaknya mampu mempertimbangkan faktor manusiawi dengan cermat.

h. Menggunakan mutu kriteria yang baku
Artinya, sistem informasi manajemen harus dirancang agar sesuai dengan toeransi terhadap kecepatan, relevansi dan ketepatan informasi.


Sistem komputerisasi, merupakan dasar sebagian besar sistem informasi manajemen,yang mampu mengolah berbagai kemampuan teknis yang berbeda. Termasuk On Line Real Time ( OLRT ), switching pesan, memasukkan data jarak jauh, pencarian file, pemodelan keputusan dan pengolah kata.

Informasi dapat diringkas dengan cara
- agregasi pemadatan
- statistika
- deskreptif naratif, tertulis, lisan atau grafis.

Informasi harus diupayakan sesingkat mungkin dan harus mampu menyoroti informasi yang penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar